Sabtu, 09 Maret 2013

Ziarah 3 hari 3 malam Jawa-Madura

Alhamdulillahirobbil alamin....
Sabtu, 9 Maret 2013 sore hari sekitar pukul 5 sore rombongan ziarah 1 bus sampai di bumi Pekalongan,tepatnya di desa krapyak lor.tepat di depan Pondok Pesantren Dhiyaul Fatihin.suasana letih terasa sirna dengan masuknya aura tanah kelahiran...
ponpes dalam tahap pembangunan,semoga lancar..
salah satu yg terlega adalah saya,bagaimana tidak?..bersama teman-teman diberi amanah untuk mensukseskan hajat ini,dari proses kepanitiaan,penggalangan dana,sampai jalannya acara..
satu tujuan kami,semoga dengan adanya kebersamaan ini kami semua yang terlibat dan ikut mendapatkan ridho Allah swt.

diawal ini saya akan bercerita tentang kepanitiaan ziarah di tahun 2013 ini.untuk kegiatan berlangsung acara insyaAllah akan dikupas oleh saudara saya Avi Fathurrohman dan teman saya Muhammad Bani Adam ZA pelajaran yang begitu bermakna di dalam hidup ini adalah belajar dari pengalaman,karena kita bisa belajar langsung dari kegiatan sebab akibat nyata bukan secra teori.dan semoga bisa menginspirasi teman-teman yang lain apabila akan mengadakan wisata ziarah.

1.buat kepanitiaan.
satu yang sangat penting di awal kegiatan,buatlah susunan kepanitiaan.tidak harus terinci,namun bisa bertanggung jawab.simpelnya ada ketua,sekretaris dan bendahara.dan hal itu harus tercantum namanya.alangkah lebih baiknya jika setelah pemilihan segera ketik susuna kepanitiaan dan tanda tangan buat komitmen agar acara tersebut berjalan lancar.terlebih baik jika ada susunan tambahan seperti sub2 penggalangan dana dari para jamaah yg ikut.

2.buat jadwal rentang waktu.
aturlah waktu yang tidak terlalu singkat,pertama kali saya diskusikan dengan teman2,sekitar 3 bulan dari hari H. dan setiap 2 minggu sekali untuk berkumpul untuk berdiskusi namun yang terpenting adalah actionnya.rentang waktu itu juga menentukan berapa kali angsuran dan menetapkan banyaknya angsuran,jika pembayaran mengguanakn angsuran.

3.buat daftar nama.
apabila dirasa kesulitan mencari jamaah yg ikut serta buatlah daftar nama sebanyak mungkin.siapa saja yg prospektif bisa ikut serta,karena begitu complicatednya para anggota.tulis siapa saja yg benar2 berniat ikut dan masih bisa masuk kuota,kuota saat saya pesan 1 bus berisi total 60 orang include panitia.

4.penulisan aliran dana serinci mungkin.
nah,inilah tugas bendahara,dia harus bisa membukukan serinci mungkin dana yang masuk dan keluar.pengalaman...saat buat daftar nama yang oke ikut.segera buat kolom nama.berapapun angsurannya tulis di setiap nama.dan tanggal nya.begitu juga pengeluaran.

5.atur manajemen tugas lapangan
saat menjelang hari H keberangkatan,sekitar 1 minggu buatlah tugas untuk setiap panitia,dobel ga papa yg penting sesuai dengan setiap orang dan melaksanakan dengan senang hati.berikut pengalaman saya bersama teman2.
  1. cek jumlah orang >>bertugas mengecek jumlah orang di dalam bus,terengar simle namun jika ga termanajemen bisa menghabiskan banyak waktu.temapatkan 4-5 orang berpencar duduknya didalam 1 bus untuk berkoordinasi jika jamaah sudah masuk semua,bisa dibayangkan berapa kali kita keluar masuk kedalam bus..umpama dalam 3 hari 3 malam.
  2. humas >>yg ditugasi humas harus mempunyai semua no hp semua jamaah.dan hp nya bisa mengirim pesan sekaligus ke semua no dalam sesekali pencet,biasanya dibuat grup dulu.. apabila ada pesan berapa menit transit,kumpul dimana,informasi,apa saja yg harus dilakukan...semua bisa dikomunikasikan secara cepat.keren lagi jika semua jamaah punya bb bisa dibroadcast...tp sms juga cukup.
  3. wakil asatid >>jika Pak Yei atau ustadz memberi arahan bisa langsung ke orang ini dan bisa di koordinasikan ke teman2 panitia yg lain.atau para jamaah..bisa juga bawa speaker buat memanage secara instan.
  4. Parkir dan Registrasi Makam >> karena ziarah kali ini berkunjung ke banyak makam maka harus ada 1 orang yg bertugas memberi biaya parkir bus dan registrasi makam,orang ini harus segera siap jika bus tiba2 berhenti di tempat tujuan.
  5. pembagi quran juz2an. >> karena jamaah kami ingin menghatamkan Alquran dalam 7 kali khataman maka setiap di makam kami khatamkan 1 Quran 30 Juz dibagi 60 orang kira2 dapat 0,5 juz an,dapat dibeli toko2 kitab 1 juzan kami bagi 2 dan steples lagi.tugaskan ke 2 orang untuk membagikannya,itu saja sudah cukup...lebih baik lagi jika mengkoordinir siapa yg membacanya lambat dapat juz yg biasa dibaca misalnya AlBaqoroh atau surat Yasin
  6. konsumsi dan P3k >> bisa 2 orang yg bersinergi untuk membagi air minum atau makanan yg diatur waktunya,dan salah satu orang bisa stanby bawa P3k untuk berjaga2 apabila da yg muntah atau ga enak badan di jalan.
  7. Bendahara >>ini nih yg kemana2 bawa tas kecil,bawa duit banyak,tp semuanya amanah..siapa yg butuh duit sama orang ini.
  8. dokumentasi >> kemana2 bawa kamera dan update status,yg apabila nanti pulang bisa di critakan lagi kronolagi alur critanya,biasanya ini orang suka jalan2 n ga bisa tenang,hehe
itulah pengalaman2 dari kami,semoga bisa menginspirasi dan semakin lebih baik kedepannya.
akhirnya..
"Manusia punya rencana,Allah swt punya kuasa"
apapun hasiknya selalu bersyukur kepada Allah swt..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar