Sabtu, 22 Februari 2014

Backpacker ke Khoul mbah KH. Ahmad Jauhari Umar

Alhamdulillah...
sudah berjalan lancar dan banyak banget yang didapat.

khoul mbah kh.Ahmad Jauhari Umar diadakan malam jumat manis di bulan Ba'da mulud.. di tahun 2014 ini bertepatan dengan tanggal 20 Februari 2014. hari kamis malam jumat. biasanya setiap tahun seperti tahun kemarin diadakan rame2 pake bus besar, dikarenakan cuaca yg kurang baik,dan jalan yg rusak serta Pak yei yg mungkin sedang banyak acara. maka ziarah berjamaah tahun ini ditiadakan. namun ane telah berniat setiap tahun bisa mengikuti khoul tsbt.. so berangkatlah sendirian ane.. eng ing eng........

start Rabu sore dari terminal Pekalongan, jam 5 dapet Bus Harapan kita namun sudah banyak berdesak desakkan, krna udah the power of kepepet naik jugalah

tips : diusahakan kalau mau harkit nunggu janagn kesorean,dan "ngadangnya " di ponolawen aja atau pusri karena kemungkinan dapet tempat duduk lebih besar

diterimalah akad perjalanan Pekalongan-Surabaya dengan mahar Rp82.000 TUNAI.. :D , salah satu yg terkeren adalah Ane ga dapet tempat duduk sampai Tuban klo ga salah. 9 jam broo ,hehe tapi dinikmati aja,biasanya semakin berwarna sebuah perjalanan akan heppy ending,dan saat itu begitu indahnya saat pelangi indah terkena pancaran sinar matahari di fajar nan cerah,,, asik asik ... :)

di surabaya turun di terminal Purabaya atau lebih dikenal terminal Bungur,atau bisa aja minta langsung ke jurusan pasuruan jg bisa, namun saat itu Ane ngejar sholat subuh. maklum nyampe Surabaya jam 5an.
mandi,dhuhanan dan hunting rawon pun dapet saatnya lanjjuuutt..

agenda selanjutnya adalah ke makam KH.Abdul Hamid letaknya di Alun-alun Pasuruan. di terminal bungur cari shelter angkutan antar kota cari jurusan banyuwangi. kena Rp 27.000,- bus lumayan sih seat 2-2 Ac dan nyaman. atau mungkin bisa pakai angkot lho.. cap cuzz aja bro cari informasi :D , turun di pinggir jalan yg paling deket dengan alun2, ga jauh kok jalan kaki,buat olah raga aja..

jam menunjukkan pukul 9;30 ,takhiyatul msid terus ke makam mbah KH.Abdul Hamid jam 11 an buat istirahat sampe niunggu dzuhur. agenda selnjutnya adalah ke lokasi khoul yaitu di desa kejayan,tanggul angin kab.Pasuruan . laper lagi?yah begitulah kebiasaan ane klo gleng-gleng,maklum terlalu bersemangat,hehe jalan kaki lah ke selatan.. didapatilah Rawon again (lagi) lumyan enak ada variasi pilihan,daging,telor,babat,sate dll letaknya di kanan jalan setelah mall belanja (?) , untuk ke lokasi pake 2x ngangkot. dari alun2 tujuan kebon agung (perempatan) diteruskan pake mobil Elf jurusan Malang minta turun di khoul,(habis pasar) masing2 Rp.3000 dan Rp5000 

di perempatan jalan tanggul angin udah pada tahu kan? bisa jogging lagi atau ngojek,karena Ane lagi pengen cari temen ngobrol..yah ngojeg deh,kena Rp.10.000 biasaya jg untuk 2 orang, tapi kan ane masih sendirian,ntar deh kapan2 sama istri, idiiiiih,hehee

nyampe sekitar jam 3. buat mandi sholat ashar,habis magriban ke makam mbah yei terus sholat isya dilanjutkan dengan tidur , lhooh kok??? capek broo,hehe lantai 2 di masjid di daulat jadi pertapaan ane,hehe
sebelum acara puncak ane turun ke mimbar depan,acara ijazahan massal dan nukerin kupon air (oiya ambil kupon agak awal)

jam 1 ane cabut,dr perempatan pake ojek ke perempatan kebon agung sekitar Rp20.000 karena bisanaya bus ke surabya,tp ternyata harus 2x ke bungur. turun dulu di arteri gempol terus dilanjut lagi ke bungur masing2 Rp6.000 dan Rp.5.000 cukup murah dibandingin pas berangkat nyampe Rp.27.000

tips ; sebetulnya bus ke bungur itu lewatnya di arteri deket alun2 pasuruan, so kemungkinan waktunya masih cukup kalau cabut jam 1. caranya bisa pakai ojek dari pertigaan "siaran" langsung ke alun2 pasuruan atau pedekate ngikut rombongan ziarah lain yg mau ke pasuruan/surabaya ..jangan bilang dari ane ye,hehee

nah itu saje backpacker ke Khoul mbah yei, mudah kan?wkwk
tinggal divariasiin aja mau ke madura?tuban?gresik?sendiri itu keren bro saat kita bisa melihat dari sisi lain :)

tapi gpp kan kalo mau ceritaain pengalaman ane selanjutnya..
lanjut?
oke deh

selanjutnya ke Surabaya, hari jumat agendanya pengen ke ke Sunan Ampel sekalian jumaatan. dihubungilah Arek-arek Suroboyo Eko ,Inul dan si imut Dyna ,hahahaa 
Alhamdulilllah bisa terEksplore ekspress 1 hari ditambah survey lokasi Pasar Turi buat pengembangan batik (modus bisnis ,hehee) juga ke taman bungkul yg sekeren se Asia itu nomine nya.

makasih buat Arek2 Suroboyo,monggo kalau kapan2 mau ke Pekalongan tak jamu Nasi Batik,wkwk "keren jg tuh namanyaa..

selanjutnya ke Rembang dan Jekulo finish pulang.
rupanaya bus ke barat,tetep harus lewat Terminal Bungur.kembali lagi ke timur dari pasar loak,Sby cari jurusan semarang,minta turun di rembang.sekitar Rp.70.ooo dapet makan di tuban.sepanjang jalan Gps terus tak aktifin,karena malam dan ga tau tepatnya turun dimana, Alhamdulillah Pak sopir  udah tau, turunlah di depan Ponpes Al Anwar Hadrotus Syeikh KH.Maimoen Zubair (semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan kepada beliau)  ketemu dengan adik laki2ku yang paling ganteng (cm 1 adik lk)nginep semalem aja.hehe

udah siap2, jam 7 dilanjut ke Jekulo,kudus sekitar 2 jam dari rembang. letaknya di perbatasan kudus dan pati,minta turun  aja di Jekulo kauman. teringat tahun 2008 Ane kesini,suasananya sungguh mendebarkan.dan ditemui langsung KH.Bashir (semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan pada beliau).disitu ada acara khoul mbah Yasin  (sanad ijazah Alquran) dan saat ini ditemui putranya,dari situ ane mendapat ijazah waqiah (kayak pencari ijazah ya,hehe maklum cm SMA ) , :D ) dan selalu teringat 3 detik itu, ah sudahlahh mereka hafidhoh kawan.. ane kan cm banyak kesalahan, belom level ,hehe

dari jekulo jam 12 siang,dapet turunnya di smg kena Rp.25.000 AC dari semarang pengen pake bus eksekutif tapi uangnya tinggal Rp5.000,- "gini ya rasanya dompet kososng,hahaa" saran buat Pak Ganjar ,kasih ATM dong pak di terminal masak ane harus ke pinggir jalan lagi (masuk terminal terboyo agak dalem) jam 3 dapet bus omprengan non AC turun di peklaongan Rp.35.000 

beginilah cerita ane .SubhanAllah... begitu banyak pelajaran dari sebuah perjalanan ,banyak ilmu yg didapet,menguji kesabaran, terus bergerak,aktif komunikasi,mengatur cashflow,cari informasi,belajar menjadi penego ulung,membanding yg terbaik dll...
itulah sebabnya Ane selalu berusaha menikamati proses,hasil akhir adalah sesuatu yg didapet kalau step nya terbaik.

sembah syukur ku kepada Allah swt,atas kuasanya semua ini begitu bermakan dan tersyukuri
atas mahabbah kepada Rosulullah dan keturunannya serta para alim ulama, Ane percaya hanya dengan mendekat ,mencintai,dan meghormati kita berharap bisa bersmaa mereka di alam kekal nanti,
adik n saudara2 sekalian serta teman,
kedua orang tua Ane,begitu bersyukur mereka selalu berdoa dan support yg tida terkira,matur suwun mpun percoyo
para ustad/h ane tanpa mereka mungkin ane udah ke diskotik,hehe
semua muslimin muslimat .. 

wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar